July 31, 2008

Musashi



Wah dah 1 bulan lamanya gak update yak?? he3.. maaf2.. gara2 bulan ini "mood"-nya gak sabaran.. jadi males connect internet dengan wi-fi card, loading-nya lambat si.. ke warnet juga males.. wong keluar kamar aja males.. he3..


Kemarin beli buku sama AYU.. beli 2 buku si.. tapi yang mo saya ceritain sekarang<adalah buku klasik berjudul "MUSASHI" karya Hidetsugu "Eiji" Yoshikawa.. Buku ini bercerita tentang Takezo (yang kemudian berganti nama menjadi Musashi setelah mendapat "pencerahan") yang kalah dalam perang Sekigahara.. Kemudian dia menjadi perusuh dan buronan di desa nya.. Dia kemudian bisa dijinakkan oleh Takuan (seorang pendeta Zen eksentrik).. Kemudian dia dikurung oleh Takuan selama 3 tahun untuk meditasi dan belajar didalam sebuah kamar yang penuh buku.. Tokoh wanita yang paling menonjol adalah Otsu.. gadis tunangan Matahachi (sahabat karib Takezo dari kecil) yang kemudian kabur bersama Takezo dari desa (yang kemudian menjadikan nyawanya diburu oleh ibu Matahachi).. Dan ternyata mencintai Takezo.. bahkan sampai2 mengembara mengelilingi Jepang bertahun2 untuk mencari Takezo..

Moment terbaik adalah saat Otsu dan Takezo bertemu di pantai, pagi hari saat keberangkatan Musashi melawan Sasaki Kojiro (seorang jenius ahli pedang, musuh besar Musashi).. Saat itu mereka sudah bertahun2 tidak ketemu.. Jadi ya gitu deh.. haru!! apalagi saat Takezo bersedia menyatakan kalauOtsu adalah istrinya..

Buku ini mengajarkan bahwa seorang biasa-pun dapat mengalahkan seorang jenius.. Takezo itu orang biasa.. aliran gaya permainan pedangnya tidak jelas (karena tidak pernah berguru pada siapapun).. kelebihannya adalah badannya yang tinggi-besar (sekitar 180cm.. sangat besar bagi orang2 Jepang dijamannya) dan mentalnya yang kuat..

Buku ini saya kasih 5 bintang.. dengan harga buku Rp.155.000,- dan jumlah halaman 1200-an (padahal naskah aslinya jauuh lebih tebal.. 26.000-an halaman!!! gila gak tu??).. Buku ini saya anggap, jauuuh lebih keren dibanding buku2 harry-potter.. yang sumpah digemari oleh temen2 cewe dan kadang temen2 cowo saya.. alasannya simpel si.. Buku ini berdasarkan kisah nyata jadi bukan hanya imajinasi liar penulisnya.. Sehingga membuat Takezo (Musashi) terasa lebih manusiawi.. Jadi kalo ada sedikit dana dan waktu luang.. Buku ini layak dibeli dan dibaca!!

14 comments:

Anonymous said...

Jangan lupa baca komik Vagabond kalo begitu..

Abimanyu said...

vangabond mah versi sangat - sangaaad singkat cerita musashi.. gak seru ahh!! wkwkwkwk

lagian saya dah terlalu tua untuk baca komik.. he3.. kalo bikin komik bolehlah!!

Anonymous said...

seneng liat coretan gambarnya.

Abimanyu said...

makasihh..

ayu said...

minta maaf jg ya jrg berkunjung.

Kristina Dian Safitry said...

iya nih kalo hiatus kok lama amat sih? tak denda lho nanti,he..he..

Abimanyu said...

@ mama rafi : sama2 mam.. saya jg jarang connect

@ mba' kristina : waduuhhh.. maaph mba'.. lagi males nulis ni..

Anonymous said...

Kalo ingat Musashi, saya jadi ingat waktu masa kecil dulu. Ibu dan bibi saya paling senang nungguin koran Kompas setiap hari, karena ada cerita bersambungnya Musashi.

Sehingga saya waktu itu dimuat di Kompas sampai beberapa waktu lamanya. Karena peminatnya banyak, kemudian dibukukan.

Jadi setiap kali melihat buku Musashi, saya selalu kembali masa lalu. Karena saya pernah menggambar Musashi dibuku saya :) tapi saya tidak pernah membaca cerbungnya di Kompas maupun bukunya.

Thanks sudah memberikan resensinya. Saya jadi tahu sedikit tentang Musashi :)

Abimanyu said...

sama2 bung Erander!! he6

suretianto said...

lam kenal
iya betul tuh buku bagus banget, padahal gwe juga baca baru sedikit kira2 baru seperempat.

ada buku yang judul nya maiko tuh dah baca belum.? kayanya pengarang nya sama deh tuh buku tentang apa lagi ya..?

Anonymous said...

ABIMANYU, ASSWRWB...

SAYA BERMINAT MEMBELI BUKU "MUSASHI" TERSEBUT, BOLEH TANYA ALAMAT TOKO YANG MENJUALNYA?...SAYA PERNAH CARI DI PONDOK INDAH MAL, TIDAK ADA YANG BBERBAHASA INDONESIA...

TRIMS...

Anonymous said...

...please where can I buy a unicorn?

Anonymous said...

...please where can I buy a unicorn?

Anonymous said...

[url=http://italtubi.com/tag/levitra-online/ ]acquisto levitra online [/url] owE 'semplicemente incredibile argomento vendita levitra bhktknhkok [url=http://www.mister-wong.es/user/COMPRARCIALIS/comprar-viagra/]cialis online[/url]