May 2, 2008

menunda2


malam ini saya mendapat pelajaran penting tentang kehidupan.. *hihihi.. sok2-an bgt* sebenarnya sederhana tapi bener2 penting.. kalo diaplikasikan dalam kehidupan tentu akan sangat besar manfaatnya..

ceritanya
gini.. kemarin saya ada kelas peranc struktur dari jam 1 sampai jam 4.. kepala udah berat bgt.. pusing.. setelah dipikir2 ternyata lupa belom makan dari pagi.. pulang trus makan.. karena pusing, lelah, ngantuk, dan kenyang saya pengin tidur.. eh pas mau merem temen saya datang.. yaudah gak jadi tidur.. magrib dia-nya pulang.. setelah magrib-an saya udah gak mood untuk tidur.. hmm.. tapi tetep aja kepala masih berat.. yaudah maen2 gitar dulu, sambil nyoba2 recording..

jam 7 adzan isya' berkumandang, inget sholat si, tp saya kalo dah pegang gitar emg sulit berenti.. sampai kepala terasa sangat pusing.. yaudah tidur jam setengah 8.. bangun2 jam 11.. wudhu trus sholat isya'.. garap2 tugas.. eng ing eng selesai jam 1.. trus sholat tahajud.. *hihihi.. sekarang mulai mencoba men-disiplin-kan diri utk tahajud, kemarin2 masih bolong2..*

nah.. waktu wudhu jam 1.. saya tiba2 terlintas dikepala saya kata2 "..menunda2 adalah cara setan mencegah saya melakukan hal2 baek.." kemudian saya tambahi "..menunda2 adalah cara malaikat membisikkan kebaikan saat saya ingin melakukan keburukan.."

contohnya gini.. seperti kisah saya diatas, saya menunda2 sholat isya'.. dan akhirnya tidur malam dengan keadaan belum sholat.. saya pikir inilah cara setan untuk membuat saya kehilangan sholat isya'.. coba klo saya enggak bangun jam 11, tapi bangun jam 4 seperti biasa, pastinya saya kehilangan isya'..

banyak contoh menunda2 tapi malah mencegah saya untuk melakukan keburukan.. gak usah diceritainlah... malu.. hihihihi... tapi sebagai contoh, saya tu sebenarnya pengin nge-rokok, tapi saya selalu bilang, udah nanti 1 jam lagi, udah nanti sore aja, udah besok aja.. sampai akhirnya udah 1.5 tahun ini saya gak nge-rokok sama sekali.. hmm... saya pikir inilah menunda2 yang mencegah saya melakukan keburukan.. *maaf lho para SMOKER!! tapi menurut saya nge-rokok tu sesuatu yg enggak baek.. dan yg gak baek itu buruk..*

nah begitulah.. saya menyimpulkan.. "bahwa menunda2 sesuatu itu belum tentu buruk.. tergantung sesuatu itu apa.. kebaikan atau keburukan".. biar tambah bingung.. "dengan kata lain.. menunda mengerjakan sebuah kebaikan adalah sebuah keburukan.. menunda mengerjakan sebuah keburukan adalah sebuah kebaikan".. yap2.. semoga pengalaman saya ini bisa saya aplikasikan terus dalam kehidupan saya yang singkat ini..

12 comments:

ayu said...

ya dipilah2 mana yg baik mana yg ga. emang kalo dah males2an sholat isya itu biasanya cpt ketiduran. tp kalo kita dah sholat mata ini rasanya lama bgt ngantuknya. emang setan itu ada dimana2!

Abimanyu said...

@ mama rafi : bener bgt mam.. setan ada dimana2.. makanya sekarang berusaha jadi orang yang ditakuti sama setan.. kek UMAR ra.. dia kan orang yang ditakuti setan..

Me said...

Yang jelas, kayak lagunya Bimbo itu lho : Berbuat baik, janganlah di tunda-tunda.....

Anonymous said...

Kalau masalah Sholat jangan kayak saya Suka menunda. Salut dah buat yang bisa berhenti merokok.

Yolla Elwyn said...

iya juga sih, apalagi kl mau nyolong trus ditunda2, trus jd gak jadi2 nyolong kan baek..kekekkk..
Udah sana tugasnya dikerjain jangan ditunda2 lagi..haha

Armstrong da Jimmy said...

Hoehehe... ingat bung saia ada dimana mana (baca: setan) tuk menggoda hamba yg gampang di pengaruhi tuk jadi orang malas kek saia tentunya...

Hmmm menunda nunda itu bukannya kata lain dari Malas yoo.. hwekekek

Kalo saia biasa nunda nunda pergi kekampus, dan ini udah jadi hobby malahan... hehehe datang terlambat maksudnya...

Antown said...

akhirnya saya nggak nunda2 lagi masuk ke kolom komen. jreeeeeng!!

Shanty Indraswari said...

wah.. rajin ya sholat tahajudnya, hmm..apa jgn2 lagi bermunajat cinta neh critanya, hehe.. ce lagi donk yg diomongin ;p ga, itu mah sy sebnrnya.. *malu-malu*

kalo menunda-nunda yg buruk tapi emg harus dilakukan, gimana ya?? hah, emg ada?? ga tau, itu sy ngasal ajah nanya =p

bagus deh, kalo sudah bisa menghilangkan kebiasaan merokok.. wajib ditiru tuh, wahai para perokok!!!

Dela Wanti Widyantari said...

kalau aku suka nunda-nunda mandi, sholat, sama belajar :D

bisa berenti ngerokok ? mantaf! papa ku nih, ngga bisa berenti ngerokok! padahal asapnya bau banget..

Annie said...

makin hari harus makin bisa membedakan yg mana yg baik and yg mana yg buruk...

tapi....

Annie mo nannya nih...

Abi pa bner nih merok itu buruk...??

*hehehe... ngeledek abi*

Abimanyu said...

@ mba ani : bener bgt mba'.. berbuat baik tu haru sdilakukan segera.. sebelum hasrat itu menghilang..

@ bali sugar : hihihi.. tadi malem hampir gak sholat isya'.. kecapean.. trus ketiduran..

@ mba' yolla : sippp!!! ngelembur peranc struktur ni...

@ the armstrong : hahaha.. saya klo masuk kelas perancangan juga pas injury time kok.. gara2 ngantri ngeprint a3 dulu si..

@ mas antown : monggo!! selamat datang!!!

@ bu peri : hohoho.. bermunajat cinta?? itu pasti!!! hmm.. menunda yg buruk tapi harus dikerjakan?? apaan ya?? *tu kan saya jdi bingung!!!*

@ dik dela : bukan perokok si.. dulu cuma 1-2 batang aja.. itupun gak tiap hari.. hehe mending berenti dari pada ntar ketagihan..

@ mba' annie : bener bgt mba'.. namanya juga bertambah dewasa, bertambah bijaksana juga dong.. iyalah merokok itu buruk..

Anonymous said...

Mas abimanyu .. lam kenal :)

well .. menunda² keburukan kemudian menjadi kebaikan belum tentu analogi yang anda sebutkan tadi benar .. :)

Analogi yang mana ..?? (analogi menunda sholat isya kemudian malah bisa shalat tahajjud)

Begini .. shalat Isya hukumnya adalah wajib, dan ingatlah tafsir dari surat Al Ma'un .. tentang orang yang lalai dalam sholatnya, Banyak ulama yang menafsirkan termasuk lali dalam sholat adalah menunda² sholat.

Kemudian .. untuk shalat wajib bagi laki2x wajib hukumnya berjama'ah di masjid, bahkan dalam hadits diceritakan sahabat Rasulullah yang buta yang diperintahkan mengikuti suara adzan untuk datang ke masjid.

so sudah sebaiknya anda lebih mengutamakan shalat Isya berjamaah di masjid, kemudian anda tidur lebih awal dan bangun di sepertiga malam ..

kalo masalah rokok saya salut anda tidak merokok, dan kalo saya lihat dari tulisannya anda tidak merokok bukannya karena menunda-nunda, anda sudah tahu bahwa rokok itu buruk, seperti yang anda katakan sendiri, :)

so ada pernyataan anda ada benarnya ada juga belum benarnya,

masalah anda tiba2x bisa shalat tahajjud, apakah anda mau setiiap hari begadang sampai jam 1 terus ..?? humm sepertinya itu bukan solusi bagus, karena Rasulullah tidur di awal malam da bangun di sepertiga akhir malam :) dan sudah selayaknya contoh ini lebih baik dari apa yang anda kerjakan :)
Dan masalah anda shalat tahajjud, Alhamdulillah anda masih diberikan rahmat oleh ALLAH :) Barokallohufik :)

Cheers .. afwan ngejunk kebanyakan ..

Allohu'alam :)